Wandering




Allah Menekankan Firman-Nya Untuk Orang-Orang yang Beriman


Semua firman yang Allah turunkan ditujukan untuk orang-orang yang beriman dan juga peringatan untuk orang-orang yang ingkar. Saat itulah saya merasa spesial sebagai orang muslim. Allah memberikan petunjuk kepada hamba-Nya yang ingin berada di jalan yang lurus.


Petunjuk itu begitu nyata. Bisa kita cari dan kita dapatkan di mana saja dan kapan saja. Pertanyaannya, apakah kita mau menuju jalan itu atau tidak? Tentu saja mau.


Tapi kenapa stuck di sini-sini saja?


Banyak godaan. Tergoda oleh perhiasan duniawi yang pada akhirnya menjerumuskan kita pada kemaksiatan. Na'udzubillahimindzalik. Setiap kali mencoba untuk berhenti, lingkaran setan itu terus menarik hati ini untuk kembali kepada hal yang sia-sia.


Apakah keinginan kita untuk bisa lepas dari itu semua belum terlalu kuat? Sepertinya kita terlalu fokus mengejar dunia sehingga lupa bahwa ada kehidupan yang harus dijalani setelah ini.


Kehidupan di mana segalanya sudah terlambat. Kehidupan di mana segalanya akan ditinggalkan dan meninggalkan kita. Hanya dengan memikirkannya saja membuat kita ngeri. Tapi kenapa masih tidak mau berubah?


Apa sebenarnya yang menghalangi kita untuk bertaubat? Apa karena dosa yang sudah terlalu banyak sehingga kita menjadi sangat angkuh untuk memohon ampun kepada Allah? Na'udzubillahimindzalik.


Niat pun seharusnya kita realisasikan. Jangan hanya dipendam di dalam hati. Jangan hanya dituliskan di buku agenda. Jangan hanya diupload di media sosial. Tapi disegerakan. Dijalankan. Dibuktikan. Kalau sudah bertaubat, apa yang akan terjadi dengan diri kita?


Jangan hanya dibayangkan. Jangan hanya iri melihat orang lain yang bisa berhijrah dan istiqomah berada di jalan yang lurus itu.


Kata orang "untuk memulai itu tidak mudah". Tapi bukan berarti kita harus pasrah dan menyerah. Mari kita perbaiki diri karena tidak ada kata terlambat untuk kembali, kecuali jika kita sudah mati. 


Semoga Allah memudahkan kita untuk bertaubat dan istiqomah berada di jalan-Nya. Aamiiin. 

Komentar