Ya Allah Jadikanlah Aku Orang yang Pandai Bersyukur




Begitu banyak nikmat yang Engkau berikan padaku, tapi aku selalu saja melihat apa yang tidak kumiliki. Hal itu membuatku bersedih dan tidak pernah merasa cukup. Hal itu membuatku lupa untuk bersyukur atas semua hal yang Engkau karuniakan kepadaku selama ini.


Terus melihat orang-orang yang ada di atas maupun di sekitar, membuatku lupa untuk melihat ke dalam diri sendiri. Apa saja yang sudah kulalui dan pernah kugapai, aku melupakan itu semua demi keserakahan duniawi.


Ya Allah, manusia memang tidak pernah puas, malulah aku karena selalu menuntut apa yang belum sepatutnya kumiliki. Malulah aku karena mendahulukan keinginan untuk menggenggam dunia daripada mengejar kewajiban untuk beribadah kepada-Mu.


Ingatkanlah aku yang selalu tersesat dan mengambil jalan yang salah, ingatkanlah aku untuk bertobat dan kembali ke jalan yang lurus. Ingatkanlah aku bahwa dunia ini hanya sementara. Aku memang hanya sekali hidup di dunia, tetapi ada kehidupan lain yang menungguku. Kehidupan kekal yang membutuhkan banyak bekal.


Sudahkah aku mengumpulkan bekal-bekal itu? Bekal yang selalu kuabaikan meskipun telah diberikan di depan mata, bekal yang mudah didapat tanpa harus menghabiskan banyak harta. Buatlah aku giat mengumpulkan bekal itu. Buatlah aku pandai bersyukur dan selalu mengingat kebaikan-Mu, ya Allah.


Jadikan aku orang yang ikhlas melaksanakan amal baik. Jadikan aku orang yang tidak suka berkeluh kesah. Jadikan aku orang yang sibuk mengerjakan hal-hal yang bermanfaat. Jadikan aku orang yang percaya akan takdir-Mu. Jadikan aku orang yang semangat menyelesaikan sisa hidupku. Jadikan aku orang yang penyabar, ya Allah. Kumohon kabulkanlah doaku, aamiiin.

Komentar