Allah Maha Penyayang




Setiap manusia pasti pernah merasakan kasih sayang dari Allah. Bentuk kasih sayang Allah bisa melalui orang tua, saudara, teman, dan anak. Bisa juga melalui hal-hal lain yang bahkan tidak kita sadari dan sering kita lupakan.


Allah menyayangi kita, terbukti kita masih diberikan kesehatan hingga saat ini. Lalu bagaimana dengan orang yang tidak sehat? Apakah Allah tidak sayang? Allah menyayangi mereka dengan cara memberikan ujian kepada mereka agar mereka semakin taat kepada-Nya.


Kita diberikan mata untuk melihat namun ada yang tidak diberikan penglihatan sama sekali. Kita yang memiliki mata bisa melihat betapa indahnya dunia dan dengan kenikmatan itu kita juga harus berjuang untuk menghindari hal-hal yang seharusnya tidak kita lihat. Orang yang tidak diberikan penglihatan tidak bisa melihat indahnya dunia dan dengan keterbatasan yang ada bisa terhindar dari hal-hal yang tidak pantas untuk dilihat.


Kita yang diberikan penglihatan bisa membaca apa yang mendatangkan manfaat dan dengan kenikmatan itu harus berusaha menghindari tulisan-tulisan yang seharusnya tidak dibaca. Orang yang tidak diberikan penglihatan tidak bisa membaca dan dengan keterbatasan itu bisa terhindar dari tulisan-tulisan yang tidak pantas untuk dibaca.


Setiap manusia memiliki ujiannya sendiri. Mungkin apa yang kita anggap sebagai ujian ternyata merupakan kenikmatan bagi orang lain. Mungkin apa yang kita anggap sebagai kenikmatan ternyata merupakan ujian bagi orang lain. Allah Maha Penyayang, di setiap kesulitan selalu diberikan kemudahan. Di setiap keraguan terselip hikmah bahwa kita harus memperkuat keyakinan. Berilah petunjuk kepada kami ya Allah agar kami juga bisa selalu menyayangi-Mu. Aamiiin. 

Komentar